Selamat datang di uCuPbLoG..... Anda dapat menikmati segala fasilitas yang ada dalam blog ini atau menyampaikan komentar anda..... Semoga blog ini dapat bermanfaat buat anda sekalian.... Terima kasih........

Sabtu, 23 Januari 2010

Cara Membuat Web Layaknya Programer Profesional Dengan Joomla!



Sekarang membuat website tidak susah seperti dahulu. Software yang banyak digunakan dalam membuat website profesional adalah Dreamweaver, Flash, Notepad++, dll. Tapi sekarang tidak perlu lagi menggunakan software sebanyak itu untuk membuat website profesional. Software yang digunakan adalah Joomal. Joomla adalah Software untuk membuat website berstandar CMS dan bebas di gunakan oleh siapapun. Joomla ada 2 type, yaitu Online dan Offline. Kali ini saya akan membahas cara menggunakan Joomla Offline jadi tidak perlu menggunakan koneksi internet dalam pembuatan website ini. Software Joomla Offline dapat download disini sedangkan yang Online dapat klik disini.

Komponen yang penting sekali dalam pembuatan website dengan joomla Offline ada 3 : web server, php & mysql. Karena joomla menggunakan php, maka agar joomla dapat dipakai, harus ada aplikasi yang bisa menjalankan php, yaitu webserver. Webserver yang paling banyak dipakai untuk menjalankan php saat ini yaitu apache. Agar file joomla dapat disimpan, maka file itu harus di simpan di suatu tempat penyimpan data (bank data), dalam hal ini joomla menggunakan mysql. Mysql ini harus dijalankan oleh aplikasi yang bisa menjalankan mysql.

Jadi software yang harus disiapkan:

1. Webserver, Apache

2. Mysql

Banyak software yang membundel 2 komponen di atas menjadi satu paket. Misalnya xampp, uniserver, vertrigo, dll. Pada artikel ini, software yang digunakan yaitu xampp. Xampp bisa di download gratis disini.

* Setelah xampp terinstall, lalu siapkan joomla nya. Dalam artikel ini, joomla yang di pakai yaitu joomla 1.5.15 dan bisa di download disini.

* Cara insall uniserver tinggal klik 2 kali saja di file uniseserver hasil downloadannya. Dalam artikel ini, uniserver disimpan di drive C.

* Kemudian pada folder htdocs, buat folder yoursite. Yoursite ini akan menjadi url web yang nantinya kita buat dengan joomla di localhost.

* Ekstract joomla 1.5.15 di folder yoursite.

* Lalu, jalankan xampp. Setelah xampp dijalankan, pastikan status "Apache" dan "MySql" itu Running.

* Secara otomatis akan redirect ke browser dengan url http://localhost/security/xamppsecurity.php . Bila halaman tidak muncul, reload page browser.

* Pada Super User berisikan "root"

* Pada Password diisikan "123456"

* Simpan

* Tahap selanjutnya yaitu instalasi joomla di browser. Masukan url berikut http://localhost/yoursite

* Steps 1 – 3 klik next. Pada steps 4 yaitu database configuration, isi username = "root", host name = "localhost", password = "123456". Setelah semua diisi, klik next.

* Untuk step 6 (ftp configuration) karena di installnya di localhost, pilih no saja.

* Pada step 7, isi site name nya. Email harus diisi. Untuk admin password, boleh berbeda dengan password mysql. Untuk mengurangi resiko lupa, sebaiknya password admin dengan mysql samakan saja. Pilih juga istall sample data nya agar web nya tidak kosong. Lalu, next.

* Tahap instalasi selesai. Sebelum membuka web kita, hapus folder installation yang ada di folder yourstite.

* Sekarang, masukan url http://localhost/yoursite/

* Jika ingin mengubah isi web, masuk ke halaman administrator : http://localhost/yoursite/administrator/

* Ketika pertama kali diinstal, Template yang digunakan Joomla masih standar. Silahkan download template Joomla yang lainnya disini atau searching di mbah Google.


Selamat mencoba dan berkreasi......

0 komentar:

Posting Komentar

Jangan Cuma dipendam, Tapi Utarakan ....

 

Masukkan alamat E-mail anda :

Powered by FeedBurner

.::. uCuP bLoG .::. © 2009 is Designed by uCuP bLoG Supported by Tadpole's Notez